About

About
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Labels

[blogger]
10 Rumah Adat Terpopular 5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia Yang Menyenangkan Di Sekolah 7 Jenis Biji-Bijian Dan Kacang-Kacangan Tersehat ALASAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN IPA DI SD Alat Indra Manusia Arti dan Makna Lambang dan Simbol Negara Bagian TUbuh Hewan Dan Kegunaanya Bagian-Bagian Dan Fungsinya Berbagai Macam Jenis Mangga Di Indonesia Cara Membuat Anyaman dari Bambu Cerita Dongeng Pendek: Semut dan Belalang Ciir-Ciri Makhluk HIdup Ciri-Ciri Puisi Contoh Syair Demokrasi Denah Desa Kelahiranku Binjai Sumatra Utara DONGENG PUTRI SALJU Dongeng Si Kancil Jadi Raja Hutan Ekonomi dan Politik Gaya Magnet Gurindam Hewan Langka yang Terancam Punah HIDUP RUKUN DALAM PERBEDAAN Hidup Tertib Jenis Bunga Hias Gantung Jenis-Jenis Permainan Olahraga Untuk Anak SD KARAKTERISTIK Kebaikan Kentang Bagi Kesehatan Kerajinan dari Kain Flanel Kerajinan dari Sabun Yang Mudah Kisah Kancil Dan Tikus KUMPULAN MATERI AGAMA ISLAM SD KUMPULAN MATERI BAHASA INDONESIA SD KUMPULAN MATERI IPA SD KUMPULAN MATERI IPS SD KUMPULAN MATERI PKN SD LINGKUNGAN ALAM Lingkungan Rumah Bersih Macam-Macam Bangun Datar Beserta Rumusnya Macam-Macam Dan Jenis Dongeng Anak Macam-Macam Jenis Pantun Makalah Landasan Pendidikan Hukum Makalah Matematika Tentang Data Makalah Negara Turki Matahari Negara ASEAN Operasi Hirung Bilangan PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENGEMBANGKAN CIVIC DISPOSITION Pengaruh Suhu Terhadap Benda Dalam Kehidupan Sehari-Hari PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA Peninggalan Sejarah Di Lingkungan Setempat Peranan Berbagai Jenis Zat Gizi Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia Perkembangan Dan Kemajuan Teknologi Peta Dan Komponenya PROSES METAMORFOSIS PADA KUPU-KUPU RUKUN IMAN Sekunder Dan Tersier Seni Rupa 3 Dimensi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Sumber Daya Alam Teknik Dasar Anyaman Bagi Pemula Tumbuhan Langka Di Indonesia Tutorial Cara Membuat Akun Gmail Warna Primer
Powered by Blogger.

Total Pageviews

Followers

Navigation

Makalah Negara Turki

NEGARA TURKI

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Konsep Dasar IPS

DosenPengampuh: Rizki Ananda M.Pd



DISUSUN OLEH
YOLANDA APRILA KOTO

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
2018

 
BAB I
                                                                   PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
     Republik Turki (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) disebut Türkiye (bahasa Turki: Türkiye) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.
    Bangsa Turki mulai bermigrasi ke daerah yang dinamakan Turki pada abad ke-11. Proses migrasi ini semakin dipercepat setelah kemenangan Seljuk melawan Kekaisaran Bizantium pada pertempuran Manzikert. Beberapa Beylik (Emirat Turki) dan Kesultanan Seljuk Rûm memerintah Anatolia sampai dengan invasi Kekaisaran Mongol. Mulai abad ke-13, beylik-beylik Ottoman menyatukan Anatolia dan membentuk kekaisaran yang daerahnya merambah kebanyakan Eropa Tenggara, Asia Barat, dan Afrika Utara. Setelah Kekaisaran Utsmaniyah runtuh setelah kalah pada Perang Dunia I, sebagian wilayahnya diduduki oleh para Sekutu yang memenangi PD I. Mustafa Kemal Atatürk kemudian mengorganisasikan gerakan perlawanan melawan Sekutu. Pada tahun 1923, gerakan perlawanan ini berhasil mendirikan Republik Turki Modern dengan Atatürk menjabat sebagai presiden pertamanya.
      Ibu kota Turki berada di Ankara namun kota terbesar di negara ini adalah Istanbul. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan dua benua, budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua peradaban. Dengan adanya kawasan yang kuat dari Adriatik ke Tiongkok dalam jalur darat di antara Rusia dan India, Turki telah memperoleh kepentingan strategis yang bertambah pesat.


B. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana sejarah dari negara turki ?
2. Bagaimana luas wilayah negara turki ?
3. Berapa jumlah penduduk negara turki?
4. Apa saja komdit utama negara turki ?
5. Apa saja ekspor dan impor negara turki ?
6. Bagaimana pendapatan perkapita negara turki ?
7. Bagaimana pertumbuhan ekonomi negara turki ?
8. Bagaimana inflasi negara turki ?
9. Bagaimana tingkat pengangguran di negara turki ?

C. TUJUAN MASALAH
1. Untuk mengetahui Bagaimana sejarah dari negara turki
2. Untuk mengetahui Bagaimana luas negara turki
3. Untuk mengetahui Berapa jumlah penduduk negara turki
4. Untuk mengetahui Apa saja komdit utama negara turki
5. Untuk mengetahui Apa saja ekspor dan impor negara turki
6. Untuk mengetahui Bagaimana pendapatan perkapita negara turki
7. Untuk mengetahui Bagaimana pertumbuhan ekonomi negara turki
8. Untuk mengetahui Bagaimana inflasi turki
9. Untuk mengetahui Bagaimana tingkat pengangguran di negara turki

D. MANFAAT PENULISAN
     Manfaat pembuatan makalah ini adalah dapat digunakan sebagai bahan pengajaran di bidang pendidikan maupun di bidang penelitian-penelitian. Dan mudahan dengan adanya penulisan makalah ini saya bisa membantu orang lain maupun masyarakat dalam mengetahui tentang “ Negara Turki “ Dan Semoga kami bisa mengurangi beban masyarakat ataupun orang yang dalam kesulitan untuk mencari tentang hal ini.


                                                                                  BAB II
                                                                       KAJIAN PUSTAKA

A. SEJARAH NEGARA TURKI
     Semenanjung Anatolia adalah salah satu wilayah berpenduduk yang tertua di dunia. Berbagai populasi Anatolia kuno menetap di Anatolia, dimulai pada periode Neolitikum hingga ditaklukkan oleh Alexander Agung. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Anatolia, cabang bahasa dari rumpun bahasa Indo-Eropa. Bahkan, para peneliti telah mengusulkan Anatolia sebagai pusat hipotesis, di mana bahasa Indo-Eropa menyebar. Bagian wilayah Turki di Eropa disebut Trakia Timur. Wilayah ini tidak berpenduduk sejak empat ribu tahun yang lalu, dan memasuki masa Neolithikum sekitar tahun 6000 SM dengan penduduknya yang mulai bercocok tanam. Turki yng era itu bernama Kerajaan Bizantium memanglah dikuasai Romawi selama empat abad. Kekuasaan Romawi dijatuhkan kaum Barbar. Pada masa ini dia ibukota kerajaan dipindahkan dari Roma ke Konstantinopel (saat ini Istambul). Pada abad ke-12 Bizantium jatuh ke dalam kekuasaan Kerajaan Ottoman yng dipimpin Raja Osman I. Ini dia masa keemasan Turki Ottoman. Pada masa ini dia pemerintahan Turki Ottoman mendapatkan pengaruh Islam yng kuat. Malah sepeninggal Khulafaur Rasyiddin, Turki menjadi Khilafah Islamiyah di bawah dinasti Utsmaniyah. Wilayahnya meliputi jazirah Arab, Balkan, Hongaria sampai-sampai daerah Afrika Utara. Akan tetapi kekhalifahan itu hancur akibat perebutan kekuasaan di dalam yng melibatkan intervensi sejumlah negara asing.
     Berawal dari perlawanan terhadap campur tangan asing yang dipimpin Musthofa Kemal, aksi perjuangan berganti menjadi penentangan terhadap kekuasaan Khalifah. Moment kehancuran Khilafah Islamiyah sendiri terlaksana era rakyat Turki melalui wakil-wakilnya mengeluarkan Piagam Nasional (Al Mitsaq Al Wathoni). Sejak itu, Turki menjadi sebuah negara tersendiri, terpisah dari wilayah-wilayah yng dulu adalah kesatuan Khilafah Islamiyah. Khalifah Abdul Majid yng yang terakhir berkuasa, terusir ke luar Turki. Pada 1923, disepakatilah berdirinya negara Turki yang dengannya batas-batas wilayah semisal era ini. Laut Hitam di utara; Irak, Suriah serta Laut Tengah di selatan; Laut Aegea di barat serta Iran dan Rusia di timur. Negara republik yang dengannya ibukota Ankara itu, pertama kali dipimpin oleh Musthofa Kemal. Ia melakukan modernisasi besar-besaran yang dengannya berkiblat ke Barat. Ia mengganti penggunaan huruf Arab yang dengannya Latin, poligami dilarang serta wanita diberi kebebasan yng percis yang dengannya pria. Angka melek huruf, mencapai 90 % dari 64 juta penduduk Turki era ini. Kemal pun beroleh gelar Bapak Bangsa Turki (Attaturk) menjadikan dikenal menjdai Kemal Attaturk.
     Selepas PD II, kedekatan Turki yang dengannya Barat makin kental. Turki menolak permintaan Uni Sovyet bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka pangkalan militer di wilayahnya, akan tetapi ia berusaha mendatangkan AS mendirikan pangkalan militer. Pada 1960-an hubungan ini retak, AS malah mengembargo Turki. Penyebabnya, Turki terlibat konflik yang dengannya Yunani dalam perebutan Cyprus. Dalam kasus ini, AS lebih berpihak kepada Yunani. Akan tetapi pada 1978, embargo dicabut. Kekentalan hubungan Turki yang dengannya Barat mendapatkan tentangan, lebih-lebih dari etnis Kurdi sejak 1925 era Kemal Attaturk berkuasa. Namun pemberontakan bisa dipatahkan. Upaya-upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menegakkan kembali syariat Islam, senantiasa disikapi secara represif oleh pemerintah. Akan tetapi sebagian dari 98 % penduduk Turki yng beragama Islam, terus melanjutkan upaya itu walaupun sebatas gerakan bawah tanah.
       Pada 1950, bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertama kalinya Turki menggelar pemilu. Era itu, Partai Republik bentukan Attaturk dikalahkan Partai Demokrat. Pada pemilu 1961, Partai Republik berkuasa lagi. Akan tetapi dominasinya lantas tergeser oleh Partai Motherland yng berkuasa saat ini. Era ini Turki dipimpin oleh Presiden Sulaiman Damirel serta Perdana Menteri Mesut Yilman. Selepas pemilu pertama serta pada 1980 Turki mengalami krisis politik yng membuat militer pernah sempet mengambil alih kekuasaan. Lebih dari separuh wilayah Turki adalah pegunungan. Sungai Eufrat serta Tigris yng pernah menjadi pusat peradaban dunia, pula melintasi wilayah ini. Sejumlah potensi sumberdaya alam, tersedia dalam deposit yng melimpah. Satu dari sekian banyaknya yng produksinya salah satunya yng terbesar di dunia merupakan kromit. Lain-lainnya merupakan minyak serta gas bumi dan batu bara. Yang dengannya dukungan Barat, industri di Turki berkembang pesat. Akan tetapi sektor pertaniannya tidak ketinggalan yang dengannya tingkat penyerapan tenaga kerja mencapai 60 %.
      Turki adalah satu-satunya negara mayoritas Islam yang menganut paham sekuler. Di Turki urusan Agama terpisah dengan nurusan negara dan pemerintahan. Sebagian besar penduduk Turki menganut agama Islam dengan persentase sebesar 99,8% umat muslim dari keseluruhan penduduk Turki.[2] Sebagian besar muslim di Turki mengikuti paham sunni dan sebagian kecil lainnya dalah kaum Syi'ah yang terdiri berbagai sekte, seperti Alevi, Ja'fari, dan Alawi. Agama Kristen adalah agama terbesar kedua di Turki dengan persentase sekitar 2% dari keseluruhan penduduk Turki, Sebagian besar orang Kristen di Turki berasal dari denominasi gereja-gereja ritus timur. Denominasi Kristen yang terdapat di Turki saat ini antara lain adalah Gereja Apostolik Armenia, Gereja Ortodoks Siria, Gereja Ortodoks Yunani, Antiokhia Yunani, Gereja Ortodoks Bulgaria, Gereja Ortodoks Georgia, Gereja Katolik Roma, Gereja Katolik Kaldea, dan sebagian kecil lainnya adalah penganut paham protestanisme. Terdapat juga orang-orang Yahudi di Turki. Kehadiran Yahudi di Turki sudah ada sejak abad ke-5 Masehi dan terdapat pula gelombang migrasi orang-orang Yahudi dari Spanyol dan Portugal ketika masa Kesultanan Utsmaniyah berkuasa di wilayah yang sekarang kita kenal sebagai Turki. Sebagian besar orang Turki keturunan Yahudi telah bermigrasi ke Israel, namun masih terdapat populasi orang Yahudi yang bertahan tinggal Turki. Orang Yahudi di Turki diperkirakan berjumlah sekitar 17.400 sampai 18.000 jiwa.

B. LUAS WILAYAH NEGARA TURKI
     Turki adalah negara transbenua. Wilayah Turki yang termasuk Asia mencakup 97 persen dari negara, wilayah ini terpisah dari Eropa Turki oleh Selat Bosporus, Laut Marmara, dan Selat Dardanella. Wilayah Eropa Turki terdiri 3 persen negara. Wilayah Turki memiliki panjang lebih dari 1.600 kilometer (990 mil) dan 800 kilometer (500 mil) luas, dengan bentuk persegi panjang kasar. Negara ini terletak antara garis lintang 35 ° dan 43 ° U, dan bujur 25 ° dan 45 lahan ° T. Turki, termasuk danau,Turki menempati lahan seluas 783.562 kilometer persegi (302.535 mil persegi), areal seluas 755.688 kilometer persegi (291.773 mil persegi) berada di Asia Barat Daya dan 23.764 kilometer persegi (9.175 mil persegi) di Eropa. [154] Turki adalah negara 37-terbesar di dunia dalam hal luas. Negara ini dikelilingi oleh lautan di tiga sisi: Laut Aegea di sebelah barat, Laut Hitam di utara dan Mediterania di selatan. Terdapat juga Laut Marmara di barat laut.
       Bagian Eropa dari Turki, Thrace Timur (wilayah paling timur semenanjung Balkan), membentuk perbatasan Turki dengan Yunani dan Bulgaria. Bagian Asia dari negara ini sebagian besar terdiri oleh semenanjung Anatolia, yang terdiri dari dataran tinggi dengan dataran pantai sempit, antara Koroglu dan pegunungan Pontic di utara dan Pegunungan Taurus di selatan. Turki timur, terletak di wilayah dataran tinggi barat Armenia, memiliki lanskap berupa pegunungan dan merupakan hulu berbagai sungai seperti sungai Efrat, Tigris dan Aras, terdapat pula Gunung Ararat, titik tertinggi di Turki dengan ketinggian 5137 meter (16.854 kaki), dan Danau Van, danau terbesar di negara ini.


C. JUMLAH PENDUDUK NEGARA TURKI
     Repoblik turki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Turki adalah sebuah republik konstitusional yang demoktratis, sekuler dan bersatu. Turki satu-satunya negara islam pertama yang berunding menyertai Uni Eropa, setelah merupakan anggota koalisi sejak tahun 1963. Berdasarkan sensus 2009, penduduk turki berjumlah 72.561.312 jiwa. Penduduknya terdiri dari etnis turk (76%), kurdi (15,7%) dan lainnya (8.3%).
    Daerah yang kini menjadi negara turki telah dihuni oleh berbagai bangsa sejak zaman kuno. Daerah ini adalah tempat kelahiran bangsa het, salah satu peradaban paling awal. Kemudian, orang yunani dari eropa dan orang arabserta bangsa-bangsa lain dari Asia menetap di bagian wilayah ini.

D. KOMODIT UTAMA NEGARA TURKI
    Turki merupakan produsen terkemuka di dunia dalam produk pertanian, tekstil, kendaraan bermotor, kapal, sarana transportasi lainnya, bahan bangunan, elektronik konsumen, dan peralatan rumah tangga.
1. Pertanian
Turki telah membantu diri dalam pengeluaran makanan sejak 1980-an. Hasil pertanian telah berkembang pada tahap yang terhormat.
2. Tekstil dan pakaian
syarikat Turki membuat pakaian eksport beilai $ 13980000000 pada tahun 2006, lebih daripada $ 10670000000 dimana (76,33%) yang dilakukan terhadap negara-negara anggota Kesatuan Eropah.
3. Kenderaan bermotor dan produk otomotif
Pada tahun 2008 Turki dihasilkan 1.147.110 kenderaan bermotor, kedudukan sebagai pengeluar ke-6 terbesar di Eropah (di belakang Inggeris dan di atas Itali) dan pengeluar terbesar 15 di dunia.
4. Pembinaan kapal
Turki juga merupakan salah satu daripada perkapalan bangsa terkemuka; pada tahun 2007 limbungan kapal Turki peringkat 4 di dunia
5. Tranportasi
Pada 2009, terdapat 102 lapangan terbang (90 dengan landasan pacu berturap dan 12 dengan landasan pacu tak berturap) di Turki.
6. Bahan Bangunan
7. Elektronik Konsumen Dan Peralatan rumah tangga
Vestel Electronics Turki adalah pengeluar TV terbesar di Eropah, perakaunan untuk 21% dari seluruh TV set dihasilkan dan dijual di benua pada tahun 2007.

E. EKSPOR DAN IMPOR NEGARA TURKI
1. EKSPOR
Total ekspor Turki mencapai $ 150,1 miliar (peringkat 28) (2016), dengan komoditas ekspor meliputi pakaian, bahan makanan, tekstil, manufaktur logam, dan sarana transportasi. Adapun negara tujuan ekspor utama Turki meliputi:
a. Jerman
b. Britania Raya
c. Irak
d. Italia
e. Amerika Serikat
f. Perancis.

2. IMPOR
Total impor Turki mencapai $ 197,8 miliar (peringkat 22) (2016), dengan komoditas impor meliputi mesin, kimia, barang setengah jadi, bahan bakar, dan sarana transportasi. Adapun negara asal impor utama Turki meliputi:
- China / Tiongkok
- Jerman
- Rusia
- Amerika Serikat
- Italia.

F. PENDAPATAN PERKAPITA NEGARA TURKI
saat ini ekonomi Turki meroket hingga pendapatan perkapita mencapai $11000. perekonomian Turki terus tumbuh. Saat AKP menang pertama kali pada 15 tahun lalu, pendapatan perkapita Turki hanya $3400. Kini, pendapatan perkapita Turki telah mencapai $11000.
Nilai saat ini, data historis, perkiraan, statistik, grafik dan kalender ekonomi - Turki - PDB per kapita KKB

G. PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA TURKI
     Mengenai ekonomi Turki, laporan "Pandangan Makroekonomi" lembaga pemeringkat kredit mengatakan: "Perekonomian Turki terus meningkat pada paruh pertama tahun 2017, menyusul kenaikan pertumbuhan pada kuartal terakhir tahun 2016. Akibatnya, meningkatkan perkiraan pertumbuhan untuk Turki tahun ini dari 2,6 persen menjadi 3,7 persen. Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2018 menjadi sekitar 3,2 persen.'' Meningkatnya jumlah wisatawan dari Rusia dan Israel, penerapan insentif seperti pengurangan pajak dan jaminan pinjaman, dan kenaikan ekspor ke Uni Eropa dalam rangka persaingan harga telah ditunjukkan sebagai alasan untuk pertumbuhan yang lebih tinggi dari ekonomi Turki.
     Turki adalah negara yang masuk di antara 20 ekonomi terbesar di negara berkembang. Dengan populasi muda dan dinamis, Turki yang menargetkan masuk 10 besar di tahun 2023, banyak investasi dilakukan pada sektor industri, pertanian dan pariwisata. Pertumbuhan industri yang dimulai dengan pembentukan republik di Turki, dalam 15 tahun terakhir telah dipercepat bahkan lebih cepat dengan investasi. Insentif investasi, pendirian teknologi-kota, perbaikan infrastruktur dan paket tenaga kerja yang diberikan oleh negara dalam pengembangan sektor industri, bermanfaat sangat efektif.
     Selain digolongkan sebagai negara mendekati maju (oleh IMF), dan negara maju (oleh CIA World Factbook), Turki merupakan negara dengan PDB (berdasarkan nominal) terbesar ke-18 di dunia. Kalau dilihat dari PDB berdasarkan PPP, Turki berada di peringkat ke-17 di dunia. Meskipun tergolong negara kecil, Turki merupakan produsen terkemuka dunia dalam produk pertanian, tekstil, kendaraan bermotor, kapal, sarana transportasi, bahan bangunan, elektronik konsumen, dan peralatan rumah tangga.

H. INFLASI NEGARA TURKI
     Besar inflasi di Turki adalah 6,57% (April 2016). Sementara itu, tingkat inflasi Turki pada Januari 2017 adalah 9,22%. Kemudian terus berada di atas 10% pada Februari 2017 hingga Juni 2017. Penyebab tingginya inflasi adalah melemahnya mata uang Turki yang telah terdepresiasi sekitar 20% terhadap dolar AS sejak kudeta militer yang gagal pada Juli tahun lalu.

I. TINGKAT PENGANGGURAN DI NEGARA TURKI
    Tingkat Pengangguran Turki dilaporkan sebesar 10.80 % pada 2017-08. Rekor ini turun dibanding sebelumnya yaitu 11.10 % untuk 2017-07. Data Tingkat Pengangguran Turki dengan rata-rata 9.60 % dari 2005-01 sampai 2017-08, dengan 152 observasi. Data ini mencapai angka tertinggi sebesar 13.90 % pada 2009-04 dan rekor terendah sebesar 8.00 %. Data Tingkat Pengangguran Turki tetap berstatus aktif di CEIC dan dilaporkan oleh Turkish Statistical Institute.


                                                                               BAB III
                                                                            PENUTUP

A. KESIMPULAN
    Turki merupakan salah satu negara maju di dunia. Disiplin fiskal dan kebijakan fiskal yang ketat terus menjadi pilar utama program ekonomi Turki dan telah berkontribusi besar untuk disinflasi serta kinerja pertumbuhan yang kuat. Turki memiliki jumlah penduduk turki berjumlah 72.561.312 jiwa. Penduduknya terdiri dari etnis turk (76%), kurdi (15,7%) dan lainnya (8.3%). Ekonomi Turki yang memiliki tingkat pertumbuhan yang stabil selama 20 kuartal terakhir. GNP dan GNP per kapita tokoh menyoroti kekuatan dan stabilitas perekonomian nasional serta integrasi untuk tren global ekonomi makro.
      Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi Turki telah menunjukkan kinerja pertumbuhan yang tinggi karena reformasi struktural tegas diterapkan serta kebijakan makroekonomi berhasil; itu telah menjadi salah satu perekonomian dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Turki juga memiliki Total ekspor Turki mencapai $ 150,1 miliar (peringkat 28) (2016), dengan komoditas ekspor meliputi pakaian, bahan makanan, tekstil, manufaktur logam, dan sarana transportasi. Dan Total impor Turki mencapai $ 197,8 miliar (peringkat 22) (2016), dengan komoditas impor meliputi mesin, kimia, barang setengah jadi, bahan bakar, dan sarana transportasi.

B. SARAN
     Asas kepentingan antara Indonesia dan Turki kini seharusnya memasuki tahap pengoptimalan yang lebih baik sesuai harapan masing – masing negara. Diplomasi budaya oleh Indonesia seharusnya mampu meningkatkan serta mengedepankan hubungan kerjasama bilateral yang jauh lebih terhadap Republik Turki. Banyaknya persamaan kultur, kebiasaan serta tonggak sejarah antara kedua negara diharapkan mampu menjalin hubungan kedekatan emosional melalui diplomasi kebudayaan bahkan dalam jangka panjang.



Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: